Pengertian dari
desain pemodelan grafik dapat kita pecah menjadi 3 kata, yaitu desain pemodelan
dan juga grafik. Kata yang pertama yaitu desain. Desain diambil dari kata designo diambil
dari bahasa Itali yang artinya adalah gambar. Sedangkan dalam bahasa Inggris
desain diambil dari bahasa Latin designare yang artinya adalah
merencanakan atau merancang. Dalam sebuah kalimat, kata "desain"
bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja,
"desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan
obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk
menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah
rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Desain juga dapat diartikan
sebagai proses untuk menggambar, merancang, membuat dan menciptakan obyek baru.
Kata kedua yaitu
pemodelan. Pemodelan bersal dari kata dasar yaitu model. Arti dari
kata model adalahpola (contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang akan dibuat atau
dihasilkan (Departemen P dan K, 1984:75). Definisi lain dari model adalah
abstraksi dari sistem sebenarnya, dalam gambaran yang lebih sederhana serta
mempunyai tingkat presentase yang bersifat menyeluruh, atau model adalah
abstraksi dari realitas dengan hanya memusatkan perhatian pada beberapa sifat
dari kehidupan sebenarnya (Simamarta, 1983: ix – xii). Sedangkan arti kata
pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek, membuat dan mendesain
obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Pemodelan juga dapat
diartikan sebagai polaatau contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau
dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses
pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Dan kata ketiga
adalah grafik adalah mengacu pada gambar, garis, lingkaran,
lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan
baik 1, 2, maupun 3 dimensi atau lebih. Grafikjuga dapat didefinisikan
sebagai pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar
dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik adalah suatu proses
pembuatan, penyimpanan dan manipulasi obyek. Ada juga grafik komputer.
Grafik komputer adalah proses pembuatan obyek menggunakan bantuan software
komputer yang khusus dibuat untuk membantu membuat grafik komputer.
Jadi pengertian
dari Desain Pemodelan Grafik adalah proses merencanakan atau merancang, membuat
objek baru kemudian memproses obyek tersebut menjadi suatu bentuk yang
diinginkan dengan bantuan software komputer.
Unsur dalam
desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya.
Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis,
ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.
Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm),
tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity),
kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Perbedaan dari kedua desain
grafis tersebut :
Pada Vector :
- · Gambar tetap jelas ketika di perbesar
- · Tersusun dari garis dan kurva
- · Kualitas grafik tidak tergantung dari banyaknya pixel
- · Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
- · Sifatnya resolution independent
- · Ukuran penyimpanan relatif kecil
- · Program yang digunakan adalah Coreldraw, Adobe ilustrator, Macromedia Freehand
Pada Bitmap :
- · Gambar kurang jelas jika diperbesar
- · Terdiri atas titik
- · Ukuran file yang dihasilkan besar
- · Kualitas grafis tergantung dari banyaknya pixel
- · Disusun oleh objek yang disebut pixel
- · Sifat resolusinya dependent atau dipengaruhi resolusi
- · Ukuran penyimpanan relatif besar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar